Skip to main content

Cara Baru Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Online Melalui Lapak Asik




Buat kita yang bekerja di perusahaan tentunya selain gaji ada yang mendapat tunjangan seperti asuransi BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan dan lain-lain. Tentu saja hal-hal diluar gaji tersebut sesuai dengan kebijakan perusahaan ya. Sampai saat ini masih banyak perusahaan yang tidak mengikutkan karyawan ke dalam program pemerintah tersebut.

BPJS Kesehatan adalah iuran yang dipotong dari gaji karyawan yang digunakan untuk membayar jaminan bila sakit dan memerlukan pelayanan fasilitas kesehatan secara gratis. Sehingga iuran tersebut tidak bisa diambil kembali oleh karyawan meskipun tidak pernah sakit yang memerlukan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik.

BPJS ketenagakerjaan adalah iuran yang dibayarkan dari sebagian gaji karyawan yang dipotong sesuai dengan ketentuan. Biasanya 2% dari gaji yang dilaporkan. Dan ditambah dengan iuran yang ditanggung perusahaan biasanya 3,7% dari gaji yang dilaporkan. Persentase itu menyesuaikan dengan program atau manfaat untuk karyawan. Umumnya perusahaan mengikutkan karyawan ke dalam progam Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Dan ada pula perusahaan yang juga mengikutkan karyawan ke progam Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) dengan tambahan iuran tentunya.

Potongan gaji karyawan dan tambahan dari perusahaan yang disetorkan ke BPJS Ketenagajerjaan itu nantinya dapat diambil karyawan ketika tidak lagi bekerja di perusahaan atau diteruskan iurannya bila karyawan pindah ke perusahaan lain.

Pada blog ini saya mau membagikan cara baru klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan online melalui lapak asik yaitu pengalaman ketika mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan karena sudah tidak bekerja lagi di perusahaan.

Jadi ketika saya sudah menerima surat keterangan berhenti kerja dari perusahaan, saya sudah memperhitungkan jarak satu bulan dari tanggal surat tersebut.  Karena sesuai dengan ketentuan, pencairan saldo BPJS dapat diajukan setelah satu bulan setelah resign. Surat saya bertanggal 26 Mei 2023, jadi saya ajukan pecairan ke website lapak asik tanggal 27 Juni 2023. Namun ternyata di tanggal tersebut pengajuan saya ditolak oleh system lapak asik. Saya bingung tapi tetap berpikir positif. Jadi saya akan mengajukan di bulan Juli.

Hari Senin, 3 Juli 2023 saya masuk lagi ke system lapak asik dan bisa. Saya segera melengkapi data – data yang diminta seperti data diri, foto KTP, foto kartu bpjs dan surat keterangan dari perusahaan. Setelah selesai, saya mendapatkan email mengenai jadwal wawancara dengan staf BPJS yaitu tanggal 5 Juli 2023 jam 15.00 – 15.30. Bersamaan dengan email itu pula saya mendapat pesan whatsapp dari staf BPJS menanyakan kesediaan saya pada tanggal wawancara yang tentu saja saya setujui.

Tanggal 5 Juli 2023 sekitar jam 09.00 saya menghubungi staf BPJS yang saya lupa namanya dan menanyakan apakah wawancara jadi jam 15.00. Ternyata dia membalas dan meminta langsung wawancara saja saat itu. Kebetulan saya juga lebih suka wawancara diadakan pagi hari. Staf BPJS itu lalu video call dari whatsapp. Dia menanyakan nama, perusahaan terakhir, tanggal mulai bekerja dan tanggal berhenti kerja. Kemudian dia mengambil foto saya memegang KTP, memegang kartu BPJS dan memegang surat keterangan kerja. Lalu staf tersebut menginfokan bahwa saldo BPJS akan ditransfer maksimal 7 hari kerja. Dan wawancara selesai.

Jadi dari sini saya dapat simpulkan kalau pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan itu mudah ya, asalkan syarat – syarat nya lengkap dan valid. Website lapak asik mudah digunakan, staf ramah dan responsif. Dan yang paling penting transfer pencairan saldo juga cepat lho. Ketika saya cek rekening ternyata saldo sudah masuk tanggal 7 Juli 2023. Hanya perlu 4 hari sejak pengajuan pencairan. Alhamdulillah.

 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memilih Nomor Kursi Posisi Berhadapan Di Kereta Api Indonesia (KAI)

  Saya sangat suka naik kereta api. Baik sendiri atau bersama keluarga. Nyaman, dingin, tidak terganggu pedagang asongan, dan tepat waktu, menjadi alasannya. Apalagi Kereta Api Indonesia (KAI) sejak tahun entah berapa mempunyai sistem pengaturan tempat duduk yang sangat baik. Berbeda dengan dulu yang saya ingat tidak ada pengaturan nomor tempat duduk, jadi penumpang harus rebutan agar bisa duduk dengan nyaman. Meskipun senang naik kereta api,   saya tidak pernah mencoba untuk naik kelas lain selain kelas ekonomi. Alasannya tentu harga. Saya mungkin bisa bayar kelas kereta diatas kelas ekonomi, tapi saya pikir buat apa. Menurut beberapa orang alasan kenyamanan dan kualitas tempat duduk kelas eksekutif dan bisnis lebih baik daripada tempat duduk kelas ekonomi. Tentu saja, harganya saja beda. Mungkin suatu saat saya akan coba kelas eksekutif atau bisnis. Semoga saja hehe.. Tempat duduk kereta api kelas ekonomi biasanya mempunyai aturan penomoran kursi A,   B,   C,   D,   E dimana ABC

Pengalaman Mengganti ATM BCA Xpresi Yang Expired

  Bulan Desember 2023, kartu ATM BCA Xpresi saya akan expired. Karena tidak mau ada masalah nantinya, saya merencanakan untuk mengganti kartu ATM tersebut di cabang BCA terdekat. Sebelum ke kantor cabang BCA saya mencari informasi dulu tentang penggantian kartu ATM ke nomor WhatsApp official Halo BCA yaitu 0811-1500-998. Sebagai pembuka sapaan saya ketik “Halo BCA”. Dan dibalas otomatis dengan ucapan “Selamat datang di WhatsApp Official BCA” disertai dengan menu untuk dipilih berdasarkan keperluan saya. Ada menu Promo, Informasi, Pengajuan Kartu Kredit, FAQ, dan Chat CS Halo BCA. Maka saya pilih Chat CS Halo BCA. Saya menanyakan apakah saya bisa mengganti kartu ATM BCA Xpresi saya yang expired bulan Desember sedangkan saat ini masih bulan November. Dan dijawab oleh CS bahwa penggantian bisa dilakukan di cabang terdekat dengan membawa E-KTP dan ATM. Proses penggantian kartu ATM karena expired tidak dikenakan biaya alias gratis. Hore… Tanggal 30 November 2023 saya ke cabang BCA ter

Menikmati Perjalanan Damri dari Bandara Lombok ke Gili Trawangan

Lombok, sebuah pulau yang memikat hati dengan keindahan alamnya, adalah tempat yang cocok untuk liburan. Dan salah satu destinasi paling populer di Lombok adalah Gili Trawangan, pulau cantik yang dikenal dengan pasir putihnya dan air laut yang jernih. Jika anda telah mendarat di Bandara Internasional Lombok dan bingung tentang bagaimana mencapai Gili Trawangan, jangan khawatir. Ada pilihan transportasi yang nyaman dan terjangkau untuk perjalanan Anda : Damri. Damri adalah perusahaan transportasi milik pemerintah yang terkenal di Indonesia. Mereka menyediakan layanan kendaraan antar-jemput dari Bandara Internasional Lombok ke pelabuhan Bangsal, yang merupakan pintu gerbang menuju Gili Trawangan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa memilih Damri untuk perjalanan anda adalah pilihan yang tepat: Harga terjangkau : salah satu keuntungan besar menggunakan Damri adalah biayanya yang terjangkau. Dibandingkan dengan opsi transportasi lainnya, Damri adalah opsi yang ekonomis, sehingga A