Skip to main content

Alur Cerita Film Chef 2014 : Perjuangan Seorang Chef Menjadi Diri Sendiri


Judul film : Chef

Tahun : 2014

Pemeran : Jon Favreu, Sofia Vergara, Amjay Anthony, dll


Casper adalah koki di salah satu restoran ternama di Los Angeles yang setiap harinya sangat sibuk. Walaupun posisinya di restoran sebagai kepala koki namun Casper tak suka bekerja santai. Tak jarang ia mengerjakan hal-hal sepele seperti belanja berbagai bahan makanan atau bumbu di pasar terdekat. Beruntung 3 orang asistennya Martin, Tony, dan Molly selalu siap membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan yang seolah-olah tidak pernah ada habisnya itu.

Kesibukan ini jugalah yang membuat Casper sulit menyisihkan waktu untuk anak semata wayangnya Percy yang kini tinggal bersama Inez yaitu mantan istri Casper.

Percy sering merasa kesal sebab ayahnya selalu terlambat menjemput padahal tidak banyak  waktu luang yang bisa mereka habiskan bersama-sama. Terkadang acara yang sudah direncanakan jauh-jauh hari harus dibatalkan. Misalnya hari dimana mereka harusnya nonton malah diganti dengan berbelanja ke pasar.

Beruntungnya Percy adalah anak yang sangat baik. Ia mengerti kesibukan ayahnya dan tak pernah memaksakan keinginannya. Selain itu Percy juga senang bicara dan sangat tertarik dengan hal-hal baru. Dia anak yang cerdas dan memiliki kemauan yang besar untuk belajar. Mereka berdua akan terus mengobrol selama mereka bersama dan membahas banyak hal termasuk tentang makanan-makanan enak dikota itu.

Percy juga sempat membahas tentang rencana kedatangan Ramsey Michel yaitu yang dijelaskan oleh ibunya sebagai Food Vlogger yang sering membuat kritikan pedas bagi para koki dan pemilik restoran di kota mereka. Namun bagi Casper itu bukan masalah sebab ia yakin akan kemampuan memasaknya yang pastinya bisa membuat Ramsey kenyang dengan menu-menu terbaiknya.

Casper adalah pribadi yang menyenangkan dan dia disukai oleh para stafnya di restoran. Mereka selalu mendukung ketika Casper ingin mencoba memasak menu-menu baru seperti dihari itu Casper berniat memasak menu spesial yang dibuat untuk menyambut kedatangan Ramsey.

Namun ketika Casper sedang memasak, Riva sang pemilik restoran datang dan ia melarang Casper mencoba menu baru. Riva tak mau kecewa lagi karena terakhir saja menu baru yang dibuat Casper tidak pernah laku apalagi untuk kali ini akan ada Ramsey yang reviewnya nanti akan sangat berpengaruh bagi penjualan restoran mereka.

Riva ingin Casper tetap mempertahankan menu klasik yang disajikan restoran itu selama belasan tahun belakangan daripada nanti beresiko merusak reputasi restoran

Inilah awal dari masalah perjalanan karir Casper yang selama ini terbilang mulus dan baik-baik saja. Singkatnya Ramsey datang dan menyantap semua suguhan makanan. Namun setelahnya dia menulis kritikan pedas dalam blognya dan memberi bintang 2 untuk setiap menu yang disajikan Casper malam itu. Tidak hanya rasa yang dikritik Ramsey akan tetapi kreatifitas Casper juga dipertanyakan.

Casper sangat kecewa dengan review itu padahal ia sudah berusaha untuk memberikan kualitas dan rasa terbaik dari masakannya. Orang-orang terdekatnya juga semua mengatakan bahwa masakan Casper tidak pernah mengecewakan maka dari itu ia tak habis pikir mengapa Ramsey berani memberikan kritikan jelek kepada masakannya.

Walaupun suasana hati Casper kurang bagus tapi ia tak lupa menyempatkan waktu untuk menemui anaknya. Ia juga sempat curhat kepada Inez mantan istrinya mengenai review Ramsey yang menurutnya tidak menghargai hasil kerjanya sama sekali. Inez sendiri hanya mendoakan semoga Casper bisa lebih tenang menghadapinya. Setelah itu ayah dan anak itupun bersenang-senang ditempat wisata walaupun tampak raut wajah Casper memendam rasa kecewa dan ingin segera kembali ke dapur kerjanya.

Setelah mengantarkan anaknya pulang, Casper pergi ke restoran dan semalaman ia mencoba mengkreasikan masakan-masakannya. Ia berhasil membuat beberapa menu baru dengan menggunakan bumbu rahasianya dan esoknya hasil masakanannya itupun dicoba oleh temannya. Mereka mengatakan rasanya seperti biasa selalu memuaskan.

Casper semakin yakin bahwa Ramsey memberikan review yang keliru dan Casper juga sangat percaya diri dengan kemampuan memasaknya hanya saja selama ini Riva selalu menghalangi kreatifitasnya sehingga tidak ada kesempatan untuk Casper mengembangkan bakatnya.

Namun ada yang membuat Casper bingung karena teman-temannya selalu menyebut tentang sesuatu yang menyebalkan di media sosial Twitter. Casper tidak tahu bahwa di Twitter banyak netizen yang membahas review Ramsey pada masakannya. Teman-temannya pun tidak ada yang memberitahukan tentang hal itu. Maka ketika di rumah Casper meminta Percy untuk membuatkan akun Twitter untuknya dengan nama @ChefCarlCasper. Tanpa mengetahui cara kerja Twitter, Casper membalas review Ramsey tentang masakannya dengan kata-kata jorok yang dapat dibaca oleh semua follower Ramsey. Keesokan harinya Percy mengatakan pada Casper bahwa Ramsey membalas  komentarnya dengan kata-kata kasar yang intinya Ramsey lebih baik melakukan hal jorok daripada memakan masakan Casper lagi.

Di restoran, Casper, Tony dan Martin berbicara mengenai saling balas komentar di twitter antara Casper dan Ramsey. Dan pada saat itulah Casper membalas komentar Ramsey dengan menantangnya datang ke restoran untuk mencoba masakannya lagi. Tantangan itu disanggupi Ramsey.

Casper bersiap memasak menu baru untuk malam itu sementara Molly mengabarkan bahwa restoran sudah penuh dipesan dan menu sudah dicetak. Casper mengatakan kepada Molly bahwa dia akan membuat menu baru yang akan dihidangkan dan dicicipi oleh Ramsey. Riva segera datang dan mencegah Casper memasak menu baru. Terjadi debat antara Casper dan Riva yang berakhir Casper pergi dari restoran. Dia mengajak Tony pergi namun Tony hanya diam dan beradu pandang dengan Riva. Jadi Casper keluar restoran sendiri dan memberi ucapan selamat bekerja pada Tony yang menggantikan posisinya.

Pada malam hari itu Ramsey datang ke restoran dan menanyakan keberadaan Casper karena dia ternyata mendapatkan menu lama. Riva, Molly dan Tony berusaha untuk mengalihkan topik tentang Casper. Ramsey kemudian menulis di Twitter bahwa Casper tidak berani datang karena takut menghadapinya.

Casper menbaca twit yang diposting Ramsey dan datang ke restoran dengan marah. Dia memaki Ramsey di depan banyak orang dan mengatakan bahwa dia tidak takut padanya dan tidak terpengaruh dengan kata-katanya. Dia mengatakan bahwa Ramsey tidak tahu apa-apa tentang masakan dan makanan.

Tanpa disadari Casper ada seseorang yang memvideokan kejadian itu dan segera saja video itu tersebar di internet. Casper menghubungi Jen, teman Inez yang bekerja di media dan meminta video itu dihapus namun Jen mengatakan bahwa itu tidak mungkin. Video itu akan tetap tersedia di internet selamanya. Jen lalu menawari Casper mengikuti kompetisi memasak di TV karena tahu Casper sedang butuh pekerjaan dan memiliki 20.000 follower di Twitter. Casper menolaknya karena dia adalah seorang Chef bukan koki pemula.

Suatu hari Casper datang ke bar dan bertemu dengan Tony, Martin, dan Molly. Dia memberi selamat pada Tony dan mengatakan dia layak mendapatkan posisi sebagai Chef menggantikannya. Sedangkan Molly mengatakan pada Casper bahwa Casper harus melakukan sesuatu yang membuatnya bahagia dan harus lebih memperhatikan Percy karena anak itu membutuhkan kebersamaan bersamanya. Selama ini Molly tidak melihat Casper bahagia.

Casper datang ke rumah Inez untuk menemui Percy namun Percy tidak mau menemuinya. Menurut Inez mungkin Percy kecewa tidak jadi pergi ke New Orleans karena kesibukan Casper mencari pekerjaan. Inez lalu mengajak Casper untuk pergi bersama ke Miami berkunjung ke ayahnya bersama Percy. Casper yang tadinya tidak mau karena tidak punya uang akhirnya bersedia pergi setelah Inez mengatakan Percy akan senang bila dia ikut ke Miami. Mereka bertiga pun pergi ke Miami dan itu membuat Percy sangat senang.

Ayah Inez adalah seorang penyayi di bar dan dia tidak bisa berbahasa Inggris. Jadi Inez menerjemahkan bila ayahnya bicara pada Casper. Ayah Inez menyangka bahwa Casper dan Inez kembali bersama namun Inez mengatakan bahwa mereka hanya bersahabat. Mereka makan di restoran dan menurut Inez dan ayahnya masakan Casper lebih lezat.

Keesokan harinya Casper berkunjung ke sebuah kantor yang ternyata adalah kantor milik mantan suami Inez, Marvin. Casper bermaksud membeli food truck bekas milik Marvin. Namun Marvin meminta Casper untuk melihat kondisinya dulu. Casper pun melihat food truck yang masih mempunyai beberapa kompor bekas yang bagus namun perlu dibersihkan. Percy membantu ayahnya membersihkan truk namun sesekali cemberut dan marah karena pekerjaannya sangat berat dan truk itu bau. Casper memberi semangat pada Percy dan meminta maaf kalau kadang dia agak keras kepadanya.

Mereka lalu berbelanja alat dapur untuk perabotan untuk food truck seperti pisau, wajan, penggorengan dan mesin pendingin. Casper memberi Percy pisau chef dan akan mengajari cara pemakaiannya karena sangat tajam. Casper menekankan pada Percy bahwa pisau itu adalah harta seorang chef dan tidak boleh hilang.

Casper menghubungi Martin dan memberitahukan tentang dirinya yang akan membuka usaha food truck. Martin pun memberitahukan kepada Casper bahwa dia naik jabatan sebagai sous chef. Casper senang mendengarnya dan berkata Martin adalah seorang chef yang hebat.

Casper dan Percy sangat sibuk mempersiapkan food truk hingga suatu hari mereka kesulitan menaikkan beberapa barang besar. Mereka berdua benar – benar kesulitan sampai ada seorang yang berteriak melarang mereka menaikkan barang dengan cara yang salah karena bisa merusaknya. Orang itu ternyata Martin yang ingin bergabung dengan Casper menjalankan usaha food truck. Casper sangat senang namun menggoda Martin bahwa dia boleh bergabung tanpa bayaran. Martin tertawa dan dia berkata Casper tidak bisa menakutinya.

Dengan kemampuan bahasa Spanyolnya yang dikagumi Casper, Martin berhasil mengajak kerumunan laki-laki yang sedang nongkrong untuk membantu mereka menaikkan barang ke truk. Dan mereka pun mendapat sandwich gratis.

Percy meminta ayahnya untuk ikut berjualan di food truck namun Casper akan meminta izin dulu pada Inez. Ternyata Percy sudah sms lebih dulu ke ibunya itu dan diperbolehkan untuk ikut.

Casper sudah siap menjual makanan dalam food truck. Dia membawa truk ke pantai di Miami. Dia meminta Martin untuk berteriak menarik perhatian pengunjung pantai. Sebentar saja sudah banyak yang mengantri membeli makanan dari truk. Casper, Martin dan Percy sangat sibuk melayani pembeli. Casper memberi semangat pada Percy dan mengatakan Percy berbakat menjadi chef.

Tiba-tiba ada petugas pantai yang mendatangi truk dan menanyakan surat izin berjualan.  Dan Casper pun menunjukkan surat izinnya. Petugas itu memperbolehkan Casper berjualan tapi di tempat yang sudah ditunjuk. Petugas itu kemudian memperhatikan wajah Casper dan mengenalinya sebagai orang marah-marah yang pernah viral di internet. Dia mengatakan bahwa Casper sangat lucu di video itu dan anaknya pun suka dengan video marah-marahnya. Petugas itu kemudian meminta banyak foto bersama Charles. Petugas itu memposting fotonya bersama Casper dari berbagai sisi bahkan didalam Food Truk ke Twitter-nya. Demikian juga para pembeli lain makanan Kuba yang dijual Casper juga ikut foto-foto.

Casper membawa food truck nya dari Miami ke Los Angeles dan mampir ke kota-kota yang disinggahi. Percy memosting setiap posisi tempat mereka berjualan ke Twitter dan menandai di Google Map. Karena itulah banyak pembeli yang mengetahui ada penjual makanan Kuba melalui internet. Pernah ketika singgah di New Orleans tiba – tiba pembeli sudah ramai mengantre di truk mereka sedangkan waktu itu Casper dan Percy sedang makan di pasar dan Martin sedang berbelanja. Casper terkesan dengan kecerdikan Percy lalu bergurau bahwa Percy adalah manajer pemasaran mereka.

Namun Casper bilang pada Percy bahwa dia harus sekolah jadi tidak bisa ikut melayani di food truck. Di rumah Casper membuka video – video kebersamaan mereka yang diposting oleh Percy. Melihat itu Casper merasa terharu dan berkeinginan untuk bersama Percy mengelola truk.

Percy pun mengikuti ayahnya mengelola food truck. Mereka berpindah – pindah tempat. Dan di setiap kota Casper membuat menu baru makanan Kuba.

Ketika sampai di Texas, ada pengunjung di luar dugaan yaitu Ramsey. Casper menemuinya dengan tidak senang dan mengatakan bahwa Ramsey telah menghancurkan karirnya. Ramsey mengatakan bahwa dia tidak mungkin memuji masakan yang dimasak oleh Casper dengan tidak sepenuh jiwa, karena Casper memasak hanya karena suruhan bos. Dan Ramsey juga mengatakan bahwa dia selalu membeli masakan food truck Casper dengan menyuruh orang lain dan memujinya enak.

Ramsey kemudian mengatakan bahwa dia akan berinvestasi bila Casper ingin membuka restoran sendiri. Ramsey ternyata sudah menjual blog-nya dan memiliki cukup uang untuk berinvestasi. Casper terkesima dan menerima tawaran Ramsey.

Tak lama restoran El Jefe dibuka dan diadakan grand opening di kota Rose. Pesta dansa dihadiri oleh Inez, mantan istri Casper dan ayahnya sebagai penyanyi. Percy sangat bahagia melihat orang tuanya berdansa berdua.


Comments

Popular posts from this blog

Cara Memilih Nomor Kursi Posisi Berhadapan Di Kereta Api Indonesia (KAI)

  Saya sangat suka naik kereta api. Baik sendiri atau bersama keluarga. Nyaman, dingin, tidak terganggu pedagang asongan, dan tepat waktu, menjadi alasannya. Apalagi Kereta Api Indonesia (KAI) sejak tahun entah berapa mempunyai sistem pengaturan tempat duduk yang sangat baik. Berbeda dengan dulu yang saya ingat tidak ada pengaturan nomor tempat duduk, jadi penumpang harus rebutan agar bisa duduk dengan nyaman. Meskipun senang naik kereta api,   saya tidak pernah mencoba untuk naik kelas lain selain kelas ekonomi. Alasannya tentu harga. Saya mungkin bisa bayar kelas kereta diatas kelas ekonomi, tapi saya pikir buat apa. Menurut beberapa orang alasan kenyamanan dan kualitas tempat duduk kelas eksekutif dan bisnis lebih baik daripada tempat duduk kelas ekonomi. Tentu saja, harganya saja beda. Mungkin suatu saat saya akan coba kelas eksekutif atau bisnis. Semoga saja hehe.. Tempat duduk kereta api kelas ekonomi biasanya mempunyai aturan penomoran kursi A,   B,   C,   D,   E dimana ABC

Pengalaman Mengganti ATM BCA Xpresi Yang Expired

  Bulan Desember 2023, kartu ATM BCA Xpresi saya akan expired. Karena tidak mau ada masalah nantinya, saya merencanakan untuk mengganti kartu ATM tersebut di cabang BCA terdekat. Sebelum ke kantor cabang BCA saya mencari informasi dulu tentang penggantian kartu ATM ke nomor WhatsApp official Halo BCA yaitu 0811-1500-998. Sebagai pembuka sapaan saya ketik “Halo BCA”. Dan dibalas otomatis dengan ucapan “Selamat datang di WhatsApp Official BCA” disertai dengan menu untuk dipilih berdasarkan keperluan saya. Ada menu Promo, Informasi, Pengajuan Kartu Kredit, FAQ, dan Chat CS Halo BCA. Maka saya pilih Chat CS Halo BCA. Saya menanyakan apakah saya bisa mengganti kartu ATM BCA Xpresi saya yang expired bulan Desember sedangkan saat ini masih bulan November. Dan dijawab oleh CS bahwa penggantian bisa dilakukan di cabang terdekat dengan membawa E-KTP dan ATM. Proses penggantian kartu ATM karena expired tidak dikenakan biaya alias gratis. Hore… Tanggal 30 November 2023 saya ke cabang BCA ter

Menikmati Perjalanan Damri dari Bandara Lombok ke Gili Trawangan

Lombok, sebuah pulau yang memikat hati dengan keindahan alamnya, adalah tempat yang cocok untuk liburan. Dan salah satu destinasi paling populer di Lombok adalah Gili Trawangan, pulau cantik yang dikenal dengan pasir putihnya dan air laut yang jernih. Jika anda telah mendarat di Bandara Internasional Lombok dan bingung tentang bagaimana mencapai Gili Trawangan, jangan khawatir. Ada pilihan transportasi yang nyaman dan terjangkau untuk perjalanan Anda : Damri. Damri adalah perusahaan transportasi milik pemerintah yang terkenal di Indonesia. Mereka menyediakan layanan kendaraan antar-jemput dari Bandara Internasional Lombok ke pelabuhan Bangsal, yang merupakan pintu gerbang menuju Gili Trawangan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa memilih Damri untuk perjalanan anda adalah pilihan yang tepat: Harga terjangkau : salah satu keuntungan besar menggunakan Damri adalah biayanya yang terjangkau. Dibandingkan dengan opsi transportasi lainnya, Damri adalah opsi yang ekonomis, sehingga A